1877: Hari Lahir Pendiri Barcelona, Joan Gamper BERITA KORAN

Berita hari ini tentang 1877: Hari Lahir Pendiri Barcelona, Joan Gamper.


Barcelona: 22 November menjadi salah satu hari bersejarah bagi klub asal Spanyol, Barcelona. Pasalnya pada hari pada 1877, pendiri Blaugrana, Hans Max Gamper lahir ke dunia.

Gamper lahir di Kota Winterthur, Zurich, Swiss. Di kota tersebut, kecintaan Gamper terhadap olahraga sepak bola tumbuh. Ketika beranjak dewasa, ia akhirnya mendirikan dua klub sepak bola secara bersamaan, yakni FC Excelsior dan FC Zurich. Mungkin karena ingin terlibat secara langsung dengan klub, Gamper akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan diri sebagai pemain di dua klub tersebut.



Anak ketiga dari pasangan suami istri August Gamper dan Rosine Emma Haessig itu seakan tak puas hanya mendirikan dua klub. Pada 1893, Gamper kembali mendirikan sebuah klub yang kemudian ia namakan FC Basel.

Setelah malang melintang di percaturan sepak bola Swiss, Gamper memutuskan hijrah ke Kota Barcelona, Spanyol pada 1899. Lagi-lagi, di sana ia berinisiatif untuk mendirikan sebuah klub sepak bola yang bisa menjadi kebanggaan warga Kota Barcelona.

Pada 22 Oktober 1899, Gamper memulai merealisasikan rencananya dengan membuat sebuah pengumuman di Los Deportes yang isinya meminta warga Kota Barcelona membuat petisi ingin memiliki sebuah klub sepak bola.

Usaha Gamper direspons secara positif. Pada 29 November 1899, Gamper beserta mayoritas warga Katalan sepakat untuk meresmiskan klub FC Barcelona. Ketika itu, Gamper memilih warna biru-merah marun sebagai warna utama jersey Blaugrana. Kabarnya warna itu dipilih Gamper karena terinspirasi dari jersey milik FC Basel. 

Sama seperti di FC Basel, FC Excelsior, dan FC Zurich, Gamper juga memutuskan untuk tampil bersama Barcelona sebagai pemain. Ia tampil dalam 48 pertandingan sejak 1899 dan 1903. Saat diperkuat Gamper, Blaugrana sukses meraih trofi perdana di Copa Macaya pada 1902.

Fan Barcelona pantas berterima kasih kepada Gamper. Tanpanya, mungkin Blaugrana sudah menghilang dari percaturan sepak bola Spanyol dan Eropa sejak 1908. Maklum, Barcelona terancam ditutup karena krisis keuangan pada masa itu. Namun semua permasalahan satu per satu terselesaikan usai Gamper secara suka rela mengajukan diri sebagai presiden klub.

Di tangan Gamper, Barcelona makin menggeliat. Bahkan setahun setelah melewati krisis, Blaugrana sukses menjadi juara Catalan Championship dengan status tak terkalahkan.

Gamper memutuskan untuk meletakkan jabatannya sebagai Presiden Barcelona usai turnamen tersebut. Namun karena sudah kadung dengan klub, Gamper kembali bersedia ketika diberi mandat untuk menduduki jabatan yang sama pada 1910–1913, 1917–1919, 1921–1923, dan 1924–1925.

Warga Catalan merasa utang moril kepada Gamper. Sebagai bentuk balas budi, Gamper diberi keistimewaan berupa kewarganegaraan Spanyol dan hadiah nama “Catalan”, yakni Joan Gamper.

Masa muda Gamper dilewati dengan sangat indah di Zurich dan Barcelona. Namun kondisi serupa tak didapatnya ketika beranjak tua. Gamper ditemukan bunuh diri pada 30 Juli 1930. Diduga ia menghabisi nyawa sendiri lantaran depresi usai kesulitan finansial.

Meski sudah tiada, Barcelona masih mengenang jasa Gamper hingga saat ini. Sebagai bentuk penghormatan kepada “Bapak Pendiri”, Blaugrana menggelar turnamen tahunan yang diberi nama Trofi Joan Gamper sejak 1966. (TDIFH)

 

(KRS)

Kabar hari ini disadur berdasarkan link informasi tentang 1877: Hari Lahir Pendiri Barcelona, Joan Gamper.