Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,2%, Menko Darmin Andalkan Kinerja Investasi : Okezone Ekonomi BERITA KORAN

Berita hari ini tentang Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,2%, Menko Darmin Andalkan Kinerja Investasi : Okezone Ekonomi.

JAKARTA – Pemerintahan menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% pada 2017. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, Indonesia harus menggenjot seluruh faktor pendorong pertumbuhan ekonomi di sisa 2017.

Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi harus mencapai 5,3%-5,45% pada kuartal III dan IV jika ingin target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% tercapai. Sebab, pada kuartal I dan II pertumbuhan ekonomi baru sebesar 5,01%. 

Baca Juga: Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Harus Inklusif dan Berkeadilan

“Pertumbuhan kuartal satu dan kuartal dua 2017 itu masing-masing 5,01%. Berarti untuk mencapai pertumbuhan 5,2% pada tahun 2017, kita harus bisa mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dari 5,2%. Ya sekitar 5,3% sampai 5,45% pada kuartal III dan IV,” jelasnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Meski bukan pekerjaan enteng, Darmin tetap optimistis target tersebut bisa dicapai mengingat di paruh kedua 2017 ada faktor pendorong ekonomi yang trennya mulai positif, misalnya pertanian dan bidang pangan performanya mulai baik.

Baca Juga: Belum Optimal, Menko Darmin Berharap Belanja Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi

“Jangan lupa kuartal III itu satu musimnya juga tidak jelek sehingga akan berdampak pada pertanian dan pangan itu mestinya tidak jelek. Meskipun ada risiko hama dan sebagainya,” lanjut Darmin.

Selain itu, aktivitas ekspor dan impor Indonesia juga berangsur membaik dan diperkirakan ekspor akan meningkatkan. “Musim panas di negara maju itu juga memberi kesempatan ekspor untuk kebutuhan sehari-hari,” paparnya. 

Baca Juga: Ekonomi Diproyeksi Tumbuh 5,4%, Apa Faktor yang Jadi Penggeraknya?

Darmin menekankan, memacu pertumbuhan ekonomi tidak selalu bergantung pada faktor pendorong yang signifikan. Yang penting, beberapa komponen pendorong pertumbuhan ekonomi tetap berada pada target. 

“Ekonomi itu tidak selalu memerlukan hal-hal besar, ekspor baik, investasi baik. Pertumbuhan investasi kita tahun ini lebih baik dari tahun lalu, konsumsi mungkin yang sedikit di bawah,” tandasnya.

Kabar hari ini disadur berdasarkan link informasi tentang Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,2%, Menko Darmin Andalkan Kinerja Investasi : Okezone Ekonomi.