Laziz Muhammadiyah akan antar donasi Rohingya Rp 5,5 M ke Myanmar BERITA AKTUAL

Berita terbaru hari ini mengabarkan tentang Laziz Muhammadiyah akan antar donasi Rohingya Rp 5,5 M ke Myanmar.

Merdeka.com – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (Laziz) Muhammadiyah Kota Samarinda dalam sepekan telah mengumpulkan donasi buat muslim Rohingya tidak kurang Rp 200 juta. Secara nasional, donasi serupa di tingkat nasional, sudah terkumpul sekitar 5,5 miliar.

“Update sampai malam tadi, Rp 238,25 juta. Itu akan didonasikan dengan cara mentransfer ke Laziz Muhammadiyah Pusat,” kata Koordinator Laziz Muhammadiyah Kota Samarinda Macmun Husni, kepada wartawan, di sela aksi orasi peduli Rohingya, di kawasan simpang tiga Taman Makam Pahlawan Jalan Pahlawan, Samarinda, Rabu (13/9) sore.

Macmun menerangkan, terhitung hari ini, diperkirakan donasi terus terkumpul hingga Rp 250 juta, yang rencanakan akan dikirimkan 16 September 2017 mendatang.

“Secara nasional, sudah terkumpul donasi Rp 5,5 miliar. Nantinya relawan Muhammadiyah, yang akan menyerahkan langsung donasi, berangkat ke Myanmar minggu depan,” ujar Macmun.

Aksi donasi untuk Rohingya di Samarinda ©2017 merdeka.com/nur aditya

Ada 3 hal penting dilakukan Muhammadiyah, bagi muslim Rohingya, dengan uang donasi. Seperti mendirikan kembali tempat ibadah, pembangunan pasar sebagai pusat ekonomi masyarakat Rohingya, hingga pembangunan fasilitas pendidikan.

“Ada 10 lembaga penyaluran donasi, yang bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri. Di antaranya, Laziz Muhammadiyah,” terang Macmun.

Di sela aksi yang dimulai sekira pukul 17.00 Wita sore ini, juga dilakukan orasi kepedulian muslim Rohingya. Sikap pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya melalui militer, dinilai sebagai sebuah kekejian.

“Tolong, jangan perlakukan muslim Rohingya seperti binatang. Kita akan lawan. Untuk itu, kita menuntut duta besar Myanmar, diusir dari Indonesia,” kata seorang orator dari Perempuan Muda Muhammadiyah. [bal]

Berita terbaru ini dikutip dari sumber berita tentang Laziz Muhammadiyah akan antar donasi Rohingya Rp 5,5 M ke Myanmar.