Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Terkena Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Jadi wajar saja jika ada beberapa makanan yang menjadi pantangan penderita kolesterol tinggi.

Penyakit kolesterol adalah kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah terlalu banyak dan sudah melampaui batas kadar normal. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya, kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin. Senyawa ini banyak diproduksi di organ hati. Sementara sisanya diperoleh dari asupan makanan. Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit serius. Biasanya, penyakit serius tersebut dihubungkan dengan terbentuknya endapan kolesterol berlebihan di bagian pembuluh darah yang kemudian menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke. Kelebihan kolesterol bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kurangnya berolahraga juga bisa menyebabkan munculnya penyakit ini. Maka dari itu hindari makanan berkolesterol tinggi.

Makanan yang Harus Anda Hindari

Makanan yang Harus Anda Hindari

Ada beberapa makanan yang memang sebaiknya dijauhkan dari penderita kolesterol tinggi. Beberapa diantaranya adalah susu lemak tinggi, keju, sosis, goreng-gorengan, gajih atau lemak daging kambing dan sapi, udang, belut, siput, kerang dan kepiting. Selain itu, cumi-cumi, telur, otak sapi juga mengandung kolesterol tinggi yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Dengan menghindari makanan-makanan berkolesterol tinggi tersebut, setidaknya Anda bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tidak melampaui batas normal. Selain itu, Anda juga bisa membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi dalam tubuh.

Pola hidup sehat yang bisa dilakukan diantaranya adalah rajin berolahraga, memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, meminum susu tanpa lemak, dan lain sebagainya. Selain itu, perbanyak pula meminum air putih. Karena air putih memiliki peranan yang sangat besar untuk melarutkan kolesterol agar tidak menumpuk dan berlebihan di dalam tubuh. Bagi Anda yang telah divonis menderita kolesterol tinggi, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini. Anda bisa menggunakan obat-obatan yang dijual di pasaran, atau bisa juga menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kolesterol tinggi. Karena perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kolesterol. Beberapa diantaranya adalah jeruk, madu, bawang putih, lemon, minyak zaitun dan masih banyak yang lainnya. Dengan penerapan pola hidup yang sehat dan pengobatan yang intensif, penyakit ini tentunya bisa ditangani dengan baik.