Cara Melonggarkan Lendir didada Akibat Batuk

Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial tertentu dapat membantu melonggarkan lendir di dada. Temuan dari sebuah studi pada dua belas tahun yang lalu menunjukkan bahwa berbagai minyak esensial yang menguap dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

menghilangkan lendir dada

menghilangkan lendir dada

Para peneliti melihat kulit kayu manis, serai, dan minyak esensial thyme.
Minyak peppermint juga digunakan sebagai dekongestan alami. Itulah mengapa Anda sering menemukan mentol dalam obat batuk dan obat flu lainnya.

Anda dapat menggunakan minyak esensial dengan salah satu dari dua cara:

Diffuse it: Jika Anda ingin menyebarkan minyak ke udara, Anda dapat mengambil diffuser dari toko obat lokal Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam air panas atau semangkuk air panas sehingga aromanya dilepaskan ke udara.

Untuk pendekatan yang lebih bertarget, isi mangkuk dengan air panas dan beberapa tetes minyak esensial. Pelajari di atas mangkuk dan tutup kepala Anda dengan handuk tangan untuk membantu menjebak uap. Hirup uap selama 5 hingga 10 menit.

Menerapkannya secara topikal: Anda harus melakukan tes patch kulit terlebih dahulu. Untuk melakukan ini, campurkan minyak esensial Anda dengan minyak pembawa, seperti jojoba atau kelapa. Minyak pembawa membantu mencairkan minyak esensial dan mengurangi risiko iritasi.

Aturan praktis yang baik adalah 12 tetes minyak pembawa untuk setiap 1 atau 2 tetes minyak esensial. Kemudian, oleskan minyak encer ke bagian dalam lengan bawah Anda. Jika Anda tidak mengalami iritasi dalam 24 jam, itu harus aman untuk diterapkan di tempat lain.

Setelah jelas bahwa minyak aman di kulit Anda, Anda dapat menerapkan minyak encer langsung ke dada Anda. Ulangi sesuai kebutuhan sepanjang hari. Jangan pernah mengoleskan minyak esensial ke kulit yang meradang, iritasi, atau terluka. Anda juga harus menyimpan semua minyak esensial dari mata Anda.

Obat Tanpa Resep untuk Membersihkan Lendir Dada

Jika pengobatan rumah atau alami tidak menghilangkan kemacetan Anda, Anda ingin memberikan obat OTC untuk dicoba. Ambil dekongestan, Dekongestan tersedia dalam bentuk cairan, tablet, atau semprot hidung di toko obat lokal Anda.

Pilihan obat tanpa resep umum meliputi:

• oxymetazoline ( Vicks Sinex )
• phenylephrine ( Suphedrine PE )
• pseudoephedrine ( Sudafed )

Ikuti petunjuk pada kemasannya. Seorang dekongestan dapat mempercepat detak jantung Anda dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur. Anda mungkin merasa lebih baik mengambil waktu siang hari.

Mengoleskan Gosok Uap

Uap gosok juga mengandung bahan dekongestif, tetapi mereka dioleskan secara topikal, bukan dicerna.
Dalam satu studi delapan tahun yang lalu, para peneliti mempelajari anak-anak yang menerima perawatan gosok uap, salep petrolatum, atau tidak ada obat.

Uap gosok mencetak gol tertinggi dalam memberikan bantuan dari batuk dan kemacetan. Salep tidak meredakan gejala secara signifikan lebih baik daripada tidak ada pengobatan. Jadi, diduga bahwa kombinasi kamper dan mentol dari gosok uap memberikan bantuan gejala yang paling banyak.

Anda dapat membeli gosok uap di toko obat apa pun, menggosok dada OTC biasa yang mengandung kapur barus dan mentol meliputi:

• JR Watkins Natural Menthol Camphor Ointment
• Mentholatum Menguap Gosok
• Vicks VapoRub

Anda biasanya dapat menggosoknya ke dada Anda setiap malam sampai gejalanya hilang. Pastikan untuk mengikuti instruksi pada kemasan.

Obat Resep untuk Membersihkan Lendir Dada

Jika opsi OTC masih tidak membantu, Anda harus menemui dokter Anda. Sangat penting untuk menentukan penyebab lendir dan batuk Anda. Mereka dapat merekomendasikan obat-obatan dengan resep obat.

Jika Anda menemukan bahwa lendir berlangsung lebih dari tiga hingga empat hari, atau kondisi Anda memburuk dengan cepat, Anda dapat meminta dokter Anda untuk resep dekongestan. Ini hanyalah versi dekongestan OTC yang lebih kuat.

Jika kemacetan juga ada di hidung Anda, semprotan dekongestan hidung dapat membantu membuka saluran hidung Anda. Bicarakan dengan dokter Anda tentang berapa lama Anda harus menggunakannya. Biasanya, jika Anda menggunakan resep dokter.