Pengusaha Sepakat Laksanakan Aturan Larangan Gesek G… KABAR BERITA

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa Pengusaha Sepakat Laksanakan Aturan Larangan Gesek G….


Kartu kredit. ANT/Rosa Panggabean.


Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengaku telah mendengar keluhan dari pengusaha ritel terkait larangan praktik peggesekan ganda (double swipe) dalam transaksi nontunai. Hasilnya para pengusaha berkomitmen untuk melaksanakan aturan tersebut.

“Asosiasi sepakat full support dan commit untuk melaksanakan dan patuh terhadap peraturan BI untuk larangan double swipe,” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Eni V Panggabean kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Kamis 14 September 2017.



Eni enggan membeberkan lebih jauh hasil pertemuan yang dilakukan sejak pagi hari tadi. Menurut dia, para pengusaha akhirnya siap untuk melaksanakan aturan larangan gesek ganda demi menjaga kerahasiaan data nasabah.

Sebelumnya, pengusaha ritel Indonesia mengeluhkan minimnya sosialisasi larangan gesek ganda dalam transaksi nontunai. Sosialisasi yang tak akurat malah membuat bisnis ritel semakin lesu lantaran konsumen takut berbelanja menggunakan kartu debit atau kredit. 

Sementara itu, bank sentral menegaskan jika praktik gesek ganda menyalahi aturan dalam melakukan transaksi nontunai. Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan BI (PBI) Nomor 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menemukan sejumlah kerugian setelah BI mengumumkan larangan gesek ganda kartu kredit dan debit dalam transaksi nontunai di semua merchant yang menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengatakan, kerugian muncul karena sosialisasi terkait aturan tersebut belum merata di seluruh ritel moderen di Indonesia. Banyak konsumen yang akhirnya membatalkan transaksi karena mendapati kasir masih melakukan double swipe.

“Beberapa transaksi batal dilakukan di toko ritel di daerah karena ada yang baru menyesuaikan dan belum tersosialisasi dengan larangan gesek ganda,” kata Roy.

(SAW)

Gosip terhangat sesuai yang dikabarkan media Indonesia tentang Pengusaha Sepakat Laksanakan Aturan Larangan Gesek G….