Pipa HDPE, Solusi Kebocoran di Rumah

Pipa HDPE, Solusi Kebocoran di Rumah. Leakage atau kebocoran merupakan masalah tempat tinggal yang menuntut untuk harus segera diselesaikan. Alasan pertama adalah karena kebocoran ini dapat merusak struktur bangunan rumah (jangan pernah meremehkan kekuatan air!), yang kedua, jika kebocorannya terjadi pada sistem sanitasi rumah, maka akan mengakibatkan bau, kotoran dan semacamnya yang mengganggu kehidupan di rumah tersebut. Meskipun begitu, kebocoran tidak selayaknya terjadi seandainya rumah atau hunian tersebut menggunakan pipa  HDPE (high density polyethylene) alias pipa dari rangkaian etilen berkepadatan tinggi.

Pipa HDPE

Pipa HDPE

Sebelumnya perlu dipahami bahwa kebocoran di rumah biasanya terjadi karena 2 hal. Pertama adalah penggunaan bahan bangunan yang tidak kedap air (misal: atap, dinding, cat) sehingga ketika terjadi hujan atau tampias, material tersebut dapat menyerap atau meneteskan air. Untuk satu ini, solusi paling mudahnya tentu dengan pemasangan material dengan baik, dan pengecatan dengan cat kedap air (waterproof), baik di atap maupun dinding rumah. Yang kedua adalah kebocoran yang berasal dari retak atau lepasnya sambungan sistem  perpipaan di  rumah tersebut. Nah, untuk  yang ini, solusinya adalah menggunakan pipa HDPE sebagai penyokong utama sistem perpipaan rumah, baik untuk penyediaan bahan baku maupun sanitasi rumah.

Kenapa Harus Pipa HDPE?

Ada 2 alasan utama kenapa saya sangat menyarankan penggunaan pipa HDPE untuk mengatasi kebocoran di rumah Anda. Alasan pertama adalah material pipa HDPE merupakan material termoplastik dengan massa jenis sangat tinggi, yang membuatnya tahan panas (butuh suhu hingga 2200 C untuk melelehkan material HDPE ini), tahan tekanan (hingga 160N/cm2), inert (lembam, tidak bereaksi dengan bahan-bahan lain), serta tetap lentur walaupun strukturnya kokoh dan tidak mudah retak. Dan yang lebih menyenangkan, material pipa ini kuat bertahan hingga 50 tahun. Jadi, jika jenis pipa ini diaplikasikan di  lingkungan rumah, akan sangat mempengaruhi kekuatan dan ketahanan rumah tinggal tersebut.

Alasan kedua kenapa lebih baik menggunakan pipa HDPE untuk lingkungan hunian Anda adalah karena sambungan pipa ini menggunakan teknik tertentu. Tidak seperti pipa PVC yang biasa digunakan di berbagai rumah, sambungan pipa PVC biasa menggunakan joint dan lem pipa tipe quick dry. Seiring berjalannya waktu, sambungan ini sering melemah sehingga terjadi lepas dan timbul kebocoran. Sedangkan teknik penyambungan pipa HDPE—ada lebih dari 3 teknik yang biasa digunakan—hasil akhirnya adalah pipa tersebut menjadi satu (bahannya menyatu) sehingga seolah-olah tidak memiliki sambungan. Ini menyebabkkan tingkat kebocoran pipa HDPE jauh lebih kecil dibandingkan PVC.

Namun perlu Anda pahami juga, bahwa kekurangan pipa HDPE ini adalah harganya yang relatif lebih tinggi, sekitar 30% lebih mahal daripada pipa PVC. Meskipun begitu, sebenarnya kualitas dan kelayakan yang Anda dapatkan sesungguhnya lebih bernilai dari harga yang Anda bayarkan. Ya kalau saya bilang, worth it lah untuk itu. Daripada nanti-nanti Anda harus menanggung biaya lagi untuk kebocoran. Belum lagi kenyamanan dan keamanan yang terganggu akibat kebocoran tersebut.

Sudah, tidak usah terlalu banyak mikir. Langsung saja cari tahu dimana distributor pipa HDPE yang terdekat dan dapat dipercaya. Berikan  desainnya sekalian, biasanya distributornya sudah sekaligus menyediakan jasa instalasi atau pemasangannya. Jadi Anda tidak perlu mencari tenaga lain untuk memasang dan menyambung pipa HDPE yang sudah Anda beli tersebut. Cukup duduk manis  dan katakan selamat tinggal pada kebocoran di rumah Anda. HDPE datang, bocor pun hilang. Hehe..