Radeon RX Vega 64, Kartu Grafis Canggih yang Telat HARI INI

Berita terkini hari ini menginformasikan bahwa Radeon RX Vega 64, Kartu Grafis Canggih yang Telat.


Metrotvnews.com, Jakarta: Akhir bulan Juli kemarin AMD akhirnya memperkenalkan kartu grafis kelas atasnya yang menyasar para gamer. Kartu grafis bernama Radeon RX Vega tersebut memang sudah digembar-gemborkan sejak lama. Tidak heran jika banyak gamer berharap kartu grafis ini bisa membuat AMD bertarung sengit di lini premium, sama seperti RX 480 yang bisa bersaing dengan baik di kelas menengah. Apakah harapan tersebut berhasil dihadirkan?

Minggu lalu meja pengujian Metrotvnews.com kedatangan salah satu kartu grafis Radeon terbaru, yaitu RX Vega 64. Ia merupakan varian tertinggi dari kartu grafis RX Vega yang hadir dalam dua versi, yaitu versi dengan pendingin cair (liquid cooling) dan pendingin udara (air cooling). Kartu grafis yang kami uji kali ini merupakan versi air cooling dan ia memiliki bodi sederhana, layaknya kartu grafis Radeon versi reference lainnya.

Tidak ada yang istimewa dari bodi kartu grafis reference ini. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bentuknya mirip sekali dengan RX 480 versi reference. Hanya saja RX Vega 64 versi reference memiliki bodi yang lebih panjang. Panjangnya kurang lebih mirip dengan kartu grafis RX 480 versi custom yang dirilis oleh beberapa vendor.

Kartu grafis ini juga menggunakan sistem pendingin dengan satu kipas yang mengalirkan udara dari dalam casing ke luar melalui bagian panel belakang. Desain ini memang sudah menjadi standar kartu grafis versi reference baik dari AMD maupun NVIDIA. Desain sistem pendingin ini cocok selama Anda menggunakan casing yang sangat tertutup karena udara panas dialirkan ke luar casing.

Satu hal yang pasti, kartu grafis ini mengkonsumsi daya cukup tinggi. Menurut spesifikasi yang diberikan AMD, RX Vega 64 memiliki TDP 295W. Tidak heran kartu grafis ini menggunakan dua konektor power PCIe 8-pin. Hal tersebut juga membuat kartu grafis ini tidak memiliki ruang terlalu besar untuk overclocking, kecuali versi custom-nya nanti memiliki VRM yang sangat baik.

Radeon Vega 64 juga menggunakan teknologi memori berbeda dengan kartu grafis pada umumnya. Tidak menggunkan memori GDDR5 atau GDDR5X seperti jajaran kartu grafis NVIDIA, Vega 64 menggunakan memori HBM2 yang memiliki bandwidth sangat tinggi. 

Bagaimana dengan performanya?

Radeon RX Vega 64 diposisikan sebagai kartu grafis yang sejajar dengan GTX 1080. Namun apakah ia bisa menang bersaing dengan GTX 1080?

Dari berbagai pengujian yang telah dilakukan, bisa dikatakan bahwa Vega 64 memiliki performa yang bisa disandangkan dengan GTX 1080. Pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike misalnya yang berhasil mencatat skor hingga 17.863 poin, atau lebih tinggi sedikit dari berbagai kartu grafis GTX 1080 yang telah kami uji sebelumnya.

Posisi Vega 64 yang lebih unggul sedikit juga terlihat di pengujian game menggunakan The Witcher 3, Ashes of The Singularity, dan Ghost Recon: Wildlands. Hanya di The Witcher 3 performa kartu grafis ini berada di bawah GTX 1080. Sementara sisanya, ia unggul namun dengan skor yang tergolong tipis.

Berikut adalah grafik perbandingan Vega 64 dengan kartu grafis pesaingnya di pengujian game:



Lalu apakah Vega 64 layak untuk dimiliki?

Dibanderol dengan kisaran harga Rp10-11 juta, Vega 64 memang cukup menarik untuk dimiliki apalagi jika Anda merupakan penggemar berat tim merah. Namun perlu diingat bahwa GTX 1080 juga memiliki harga yang tidak jauh berbeda dan hadir dengan konsumsi daya lebih rendah. Itulah salah satu alasan mengapa Vega 64 kurang populer di kalangan gamer.

Bagi saya pribadi, Radeon Vega 64 tampak seperti kartu grafis yang terlambat datang. Jika saja Vega 64 dirilis saat NVIDIA mengeluarkan GTX 1080, Vega 64 mungkin akan lebih diterima. Semoga saja AMD bsia merilis kartu grafis premium tepat pada waktunya di masa depan.

 

  • Performa sedikit di atas GTX 1080
  • Menggunakan teknologi memori HBM baru
  • Konsumsi daya tinggi
  • Harga kurang bersaing

(MMI)

Gosip terhangat sesuai yang dikabarkan berita terbaru tentang Radeon RX Vega 64, Kartu Grafis Canggih yang Telat.