Reksadana Terbaik Mungkinkah Mengalami Resiko? Simak Ulasannya Berikut!

Berinvestasi memang layaknya menanam sebuah pohon, ada kalanya Anda akan merasakan manisnya buah yang dihasilkan. Namun juga tak bisa dipungkiri bahwa pada suatu saat pohon tersebut akan mati terkena penyakit sebelum mulai berbuah, atau bahkan mati karena ditebang sendiri. Artinya sifat investasi ini memang tidak pasti. Untuk itulah Anda harus selektif dalam memilih mana produk yang benar-benar aman dan menguntungkan ataupun tidak. Sebagian diantara investor pemula lebih senang dengan reksadana terbaik.

 

Reksadana Terbaik

Reksadana Terbaik

Namanya mungkin bukan hal yang baru Anda dengar, reksadana ini adalah investasi berbasis perhimpunan modal. Dilakukan bersama dengan nilai resiko yang akan ditanggung bersama. Bahkan ada bagian khusus yang mengelolanya dengan nama MI atau manager investasi.

Nilai modal yang dikeluarkan untuk memulainya juga tergolong rendah. Itulah mengapa banyak yang senang memilih produk ini. Dengan begitu banyaknya keuntungan, mungkinkah resikonya juga ada. Sudah pasti karena ibarat pohon tak selalu menghasilkan buah.

Lalu apa saja resiko yang mungkin terjadi pada investasi ini, berikut yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

– Penurunan nilai aktiva, sebuah kondisi dimana harga pasaran instrumen tersebut nantinya akan mengalami penurunan dari harga beli sebelumnya, resiko inilah yang paling sering terjadi, salah satunya disebabkan oleh kondisi ekonomi di dalam negeri yang tak stabil.

– Liquiditas, ada kalanya pemegang modal melakukan penarikan dana dalam waktu yang sama, terjadi rush sehingga nantinya uang sulit untuk dicairkan, kondisi yang satu ini terjadi karena investor berusaha melindungi harta mereka agar tak sampai rugi. Ketika resiko sudah di depan mata.

-Resiko yang berasal dari pasar, hal ini juga sering terjadi ketika nilai harga jual dari pasar sendiri yang mengalami penurunan.

-Resiko yang berasal dari manager investasi, contohnya adalah MI yang membeli obligasi milik emiten dan mengalami kesulitan finansial, sudah pasti hal ini membuat pihak emiten membayar kewajibannya tersebut.

Untuk menghindarinya pastikan memilih perusahaan yang tepat agar investasi Anda tidak terbuang percuma, salah satunya adalah reksadana terbaik Trimegah.