Wifi Kamu Lemot? Ini Dia Tipsnya Biar Wifi Kamu Ngebut Terus

Sudah langganan internet rumah sekaligus memilih paket kuota tanpa batas tapi sinyal wifinya masih lemot? Kalo begitu, kamu perlu memperkuat sinyal wifi di rumah supaya gak lemot lagi. Gimana caranya? Yuk, ikutin tips-tipsnya

wifi anti lemot

wifi anti lemot

Cari posisi yang tepat

Sinyal wifi emang gak bisa dilihat mata manusia. Tapi, sinyal ini bisa terhalang kalo ada banyak tembok di sekitar routernya. Jadi, biar lebih ngebut, taruh router di posisi yang bebas dari penghalang tebal.

Gunakan wifi repeater

Router udah dipindah tapi masih lemot juga? Pake aja wifi repeater! Repeater adalah alat yang digunakan untuk menerima sinyal wifi, lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat. Alat ini cocok buat kamu yang mau punya sinyal wifi yang merata di semua ruangan rumah.

Reboot atau restart

Sama seperti alat elektronik lain, router kamu bisa aja mengalami masalah kalo dipake terlalu lama. Kalo udah bermasalah biasanya wifi bakalan lemot atau bahkan gak bisa dipake sama sekali. Cara mengatasinya, reboot atau restart router secara rutin supaya kondisi router tersebut siap dipake lagi.

Gunakan channel yang kosong

Kalo di daerah Kamu ada banyak orang yang pakai router wifi, maka bisa jadi Kamu berada di channel yang sama dengan router tersebut. Akibatnya, kualitas sinyal yang Kamu terima bakal menurun. Maka, pilihlah channel wifi yang kosong atau memiliki pengguna yang sedikit supaya gak terjadi gangguan sinyal.

Jauhi perangkat lain

Ternyata, gak cuma router lain yang bisa ganggu kualitas sinyal, tapi juga adanya beberapa perangkat elektronik lain. Misalnya, kayak Microwave yang bisa ngerusak sinyal wifi. Nah, biar sinyal wifi kamu gak lemot, sebaiknya jauhkan perangkat elektronik tersebut dari router. Pakai juga router dual band biar frekuensi sinyal bisa lebih fleksibel.

Periksa sistem keamanan

Udah pake paket internet super cepat tapi koneksinya masih lemot? Mungkin aja saat itu ada orang lain yang juga menggunakan koneksi wifi Kamu. Nah, untuk mencegahnya, setting password yang cukup rumit dengan enkripsi WPA2 di router kamu.

Itu dia beberapa tips supaya wifi kamu yang tadinya lemot bisa ngebut terus. Internet yang ngebut emang penting banget buat produktivitas generasi millennials di jaman sekarang ini. Dengan internet ngebut, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakuin contohnya kayak upload video di youtube, maintain online shop kamu sampai browsing berbagai artikel keren buat menambah ilmu kamu.